Tips Agar Android Ringan Tidak Lelet Hang Restart atau Mati Total

Gara-gara ulah BlackBerry alias BB yang, sudahlah fiturnya banyak sekali kekurangan dan keterbatasannya, tambah pula aplikasi-aplikasi wajib yang sudah ada mau disunat atau bahkan dieksekusi, seperti Whatsapp. Ya terang aja kalang kabut nyari gadget baru yang sesuai keperluan. 

Pilihan kali ini untuk gadget smartphone yang sesuai sebagai seorang blogger dan video editor atau Video Editing Minda Art Production adalah Tablet, dengan layar interface yang lebih besar, supaya lebih mudah melakukan pekerjaan ngetik-ngetik dan login-login tentunya, apalagi sewaktu keluar rumah (mobile) atau meninggalkan PC. Sampai saat ini PC belum tergantikan kecanggihan dan kehandalannya dalam semua hal, kalau sedang berada di rumah atau kantor.

Sedangkan pada saat hangout atau mobile, kalau masih menggunakan Notebook atau laptop masih terasa terlalu berat dan besar, agak Ribet! Kan sudah ada Tablet dengan layar lebar dan besar minimal 7-10 inchi.

Sebenarnya ada Windroid yang menggabungkan kedua fitur mobile dengan perangkat, menggunakan dua (dua) Os.
  1. Os Android, ketika tablet di lebat dari dudukannya, maka berfungsilah ia sebagai gadget smrtphone alias Tablet.
  2. Os Windows, ketika layar tablet di masukkan/atau ditempelkan dengan dudukan keyboard dan mesin notbooknya yaitu Acer.

Tapi karena kebutuhan mendesak, dan belum menemukan tempat membeli windroid di Padang, akhirnya beli dulu, Tab murah sesuai badget.

Beli android atau tablet tab murah, memang banyak kekurangannya. Karena harga murah, maka prosessor, RAM dan fitur-fitur lainnya juga banyak kekurangannya. Sesuai harga kan? Murah.

Tapi okelah, untuk sementara pake yang murah dan banyak keterbatasan terlabih dahulu. Kemudian gunakan untuk bisnis, hasil usahanya baru untuk upgrade Gadget atau smartphone yang Canggih dan berkualitas. he he ...

Gunakan gadget yang ada ini dulu, gunakan untuk bisnis sampai bisa mendapatkan lebih dari sekedar kebutuhan gadget. Itu smua kita mau tanpa kecuali. Cuma mungkin tidak smua orang mau dan mampu menjalaninya.

Cari-cari aplikasi android di Google Play Store ternyata makan memori ram maupun ukuran storage failenya cukup besar. Padahal ram prosessor sangat terbatas ... cuma 1 GB.

Kendala Sering Hang dan Restart Bahkan Mati Total ...


Waduh gimana ini, baru cuma diinstall Word Office punyanya microsoft sdh hang dan restart sendiri atau mati total (Matot). Cemas juga jadinya. Setelah coba-coba hidup lagi, baru diselidiki sumber masalah penyebab hang, restart dan mati totalnya. Ternyata tersangkanya kemampuan RAM yang terbatas. Adanya applikasi background yang terlalu banyak makan memori.

Cara Mengatasinya

  1. Pilih Aplikasi yang benar-benar penting dan benar-benar diperlukan, selainnya HAPUS .... (Tapi ati2 ya sebelum hapus jangan sampai salah hapus. kami tidak bertanggung jawab terhadap resiko penghapusan aplikasi-aplikasi anda ... :D).
  2. Pindahkan! Ada aplikasi-aplikasi yang bisa dipindahkan (MOVABLE) dari storage memori internal ke SD Card ... Coba dari alikasi pilihan yang sudah terpilih itu. Kemudian dari Pilihan di atas pilihan, coba pindahkan aplikasi yang bisa dipindahklan atau tidak terlalu penting.
  3. Tara ... akhirnya Gadget anda jadi ringan, tidak hang atau mati-mati lagi dan Lancar Jaya

Facebook Lite aplikasi android yang ringan, tidak bikin hang, restart atau mati


Maka untuk aplikasi gunakan yang betul-betul perlu saja, dan kalau bisa hindari aplikasi yang berat-berat. Cari-cari di Play Store aplikasi Facebook karena belum di install bawaan ternyata ada yang namanya facebook lite. Size cukup ringan dan TIDAK ADA IKLAN FACEBOOK ....  maka dipilihlah aplikasi ini dan digunakanlah untuk facebookan. Lumayan cukup ringan, apalagi tidak ada iklan dan Aplikasi utama tidak terbebani.

Share:

0 komentar